PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN TENGGELAM

PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN TENGGELAM
Tenggelam adalah penyebab kematian keempat akibat kecelakaan. Setiap tahu ada 4000 orang tenggelam, dan sepertiganya anak anak dibawah usia 14 tahun. Kematian yang disebabkan air yang masuk ke dalam saluran pernafasan sehingga otak kekurangan oksigen. Belum lagi, tenggelam sering disertai benturan di kepala dan leher yang mengakibatkan fatal.
Anak- anak sangat menyukai air. Dengan badan yang kecil , bak mandi pun dapat menjadi tempat berbahaya bagi anak-anak. Untuk itu bagi orang tua yg memiliki anak kecil harus senantiasa menjaga anaknya ketika bermain air, terutama jika berada di kolam renang. Secara umum, tenggelam di kolam renang dapat disebabkan oleh kram kaki atau leher, penurunan kesadaran, bermain di air yang dalam, tidak bisa berenang, dan jatuh terpeleset. Ditambah lagi, banyak yang tidak munggunakan alat penyelamat yang lengkap. 


Jika peristiwa tenggelam atau hampir tenggelam terjadi dihadapan anda, pastikan anda menguasai keadaan dan cukup terlatih.

  1. Cobalah meraih korban yang hampir tenggelam dengan tangan dari sisi kolam renag, jikatidak bisa menggapainya coibalah dengan tali atau alat bantuan yang lain.
  2. Jika anda memutuskan masuk ke dalam air, dekati secara hati-hati dari belakang. Jangan mendekati korban dari depan, karena ia akan merangkul anda. Akibatnya, anda pun sulit untuk bergerak.
  3. Bicaralah dan tenangkan korban saat anda mendekat. Tanyakan apakah semuanya baik-baik saja.
  4. Raihlah pakaiannyaatau tangkupkan satu tangan ke dagu korban dan tarik korban dari belakang hingga ke tempat aman.
  5. Katakan pada korban untuk menjauhkan tangannya dari anda. Teruskan menenangkan korban.
  6. Jika korban berhenti bernafas  tau tidak teraba nadinya, lakukan pernafasan buatan.
  7. Jika korban selamat namun setelah itu menderita batuk, demam, ataupun sakit otot, segerakan periksa ke dokter.




2 komentar:

wah blogger lampung juga nih


http://idbloglampung.blogspot.com/
http://sedot46.blogspot.com

Harus ada Napas buatan tuh . Salam.

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More