PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN LUKA BAKAR

PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN LUKA BAKAR
Luka bakar adalah luka yang terjadi akibat sentuhan tubuh dengan benda-benda yang menghasilkan panas, seperti api, air panas, listrik atau zat-zat yang bersifat membakar.Penanganan untuk korban luka bakar adalah sebagai berikut.
  • Begitu terkena benda atau cairan panas langsung singkirkan pakaian disekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin.Jangan sampai benda atau cairan panas tersebut mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit.
  • Segera basuh luka dengan air dingin. Kira-kira selama 15 menit atau lebih sampai luka terlihat lebih baik. Hal ini dilakukan untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat.Kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit.
  • Hindari penggunaan odol, mentega atau salep apapun. Salah-salah luka korban akan semakin parah Air dingin cukup meredakan nyeri luka bakar. Penggunaan salep luka bakar “bioplasenton” akan sangat membantu korban.
  • Segeralah periksakan luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Jika terinfeksi bakteri korban akan terserang demam, radang bahkan bernanah.
  • Untuk luka bakar yang cukup serius , sebaiknya langsung dibawa ke dokter atau rumah sakit. Hal ini karena bisa-bisa jaringan kulit korban akan rusakdan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Korban harus secepatnya mendapat perawatan intensif.




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More